ALTERNATIVE LEGAL PERSPECTIVE FOR RESOLUTION OF DISPUTES REGARDING THE PHENOMENON OF ONLINE LOANS

  • Linda Setianingsih Universitas Tulungagung
  • Putri Elma Wulandari Universitas Tulungagung
  • Bagus Setiyo Purnomo Universitas Tulungagung
  • Rio Aris Rianto Universitas Tulungagung
  • Ahmad Ngainul Ahyar Universitas Tulungagung
  • Retno Sari Dewi Universitas Tulungagung
Keywords: Legal Protection, Online Lender, Payment Default

Abstract

This research aims to find out what the role of the Financial Services Authority is in legal protection for online lenders without collateral who fail to pay and, how legal remedies are regulated in resolving disputes between online lenders without collateral who fail to pay. The type of research used is normative research which is based on primary legal materials and secondary legal materials, namely an inventory of regulations and written materials related to. As an OJK supervisor, the role is to supervise implementation based on existing regulations. There are two legal protections provided by the OJK for insurance providers, namely supervision in the form of preventive legal protection, namely through adequate education, openness and transparency of information, fair treatment implementing asset protection, supervising consumer protection units and submitting a list of legal platforms via the portal. OJK, secondly, supervision takes the form of repressive legal protection, namely after a payment failure occurs, namely the OJK's role is to assist with collection through third parties, namely mediators, restructuring and reporting complaints to the OJK regarding payment failures to try to resolve the dispute. Regulation of legal remedies for resolving disputes between online lenders without collateral who fail to pay is regulated in POJK No 6/POJK.07/2018 which can be taken through financial services institutions, then can be taken through court institutions or outside the court, namely the Dispute Resolution Arbitration Institute (LAPS).

References

Arvante, Jeremy Zefanya Yaka, ‘Dampak Permasalahan Pinjaman Online Dan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pinjaman Online’, Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia Law Journal, 2 (2022), 73–87
https://www.ojk.go.id/, . ‘. Sesuai Laporan Gagal Bayar Yang Datang Terhadap Otoritas Jasa Keuangan Menunjukkan Bahwasanya Otoritas Jasa Keuangan Masih Kurang Berperan Dalam Memberikan Perlindungan Terhadap Konsumen Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi Terutama’
Ibrahim, Johnny, ‘Teori Dan Metodologi Penelitian Hukum Normatif’, Malang: Bayumedia Publishing, 57 (2006), 295
Indonesia, Bank, ‘(Menurut Bank Indonesia, Inklusi Keuangan Adalah Upaya Dalam Melakukan Penghapusan Segala Bentuk Hambatan Yang Ada Terhadap Akses Layanan Keuangan Masyarakat Dengan Memanfaatkan Lembaga Keuangan Formal Atau Perbankan. Tujuan Inklusi Keuangan Yaitu Untuk M’, 2022
Marzuki, Peter Mahmud, ‘A. Pendekatan Masalah’, PERAN LEMBAGA PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN (LPSK) DALAM PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP, 43
Melayang, kasus pinjol terheboh 2023 ada yang bikin nyawa, ‘Https://Www.Cnbcindonesiadotcom’
Muhammad, Abdulkadir, and Hukum Pengangkutan Niaga, ‘Hukum Dan Penelitian Hukum, Bandung: PT’, Citra Aditya Bakti, 2004
Nurmantari, Ni Nyoman Ari Diah, and Nyoman A Martana, ‘Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi Peminjam Dalam Layanan Aplikasi Pinjaman Online’, Kertha Wicara: Journal Ilmu Hukum, 8 (2019), 1–14
Pambudi, Ryllo Saka Pambudi, ‘Strategi Pemasaran Dalam Marketplace Facebook’, Strategi Pemasaran Dalam Marketplace Facebook, 2021
Permana, Rio Bagus, ‘Perlindungan Hukum Terhadap Data Konsumen Yang Melakukan Pinjaman Melalui Aplikasi Kredit Online’ (FAKULTAS HUKUM, 2019)
Sagala, Aris Roistar, and Martono Anggusti, ‘Peran Otoritas Jasa Keuangan Dalam Penyelesaian Gagal Bayar Pinjaman Online’, NOMMENSEN JOURNAL OF BUSINESS LAW, 1 (2022), 268–88
Weydekamp, Gerry, ‘Pembatalan Perjanjian Sepihak Sebagai Suatu Perbuatan Melawan Hukum’, Lex Privatum, 1 (2013)
Arvante, Jeremy Zefanya Yaka, ‘Dampak Permasalahan Pinjaman Online Dan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pinjaman Online’, Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia Law Journal, 2 (2022), 73–87
https://www.ojk.go.id/, . ‘. Sesuai Laporan Gagal Bayar Yang Datang Terhadap Otoritas Jasa Keuangan Menunjukkan Bahwasanya Otoritas Jasa Keuangan Masih Kurang Berperan Dalam Memberikan Perlindungan Terhadap Konsumen Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi Terutama’
Ibrahim, Johnny, ‘Teori Dan Metodologi Penelitian Hukum Normatif’, Malang: Bayumedia Publishing, 57 (2006), 295
Indonesia, Bank, ‘(Menurut Bank Indonesia, Inklusi Keuangan Adalah Upaya Dalam Melakukan Penghapusan Segala Bentuk Hambatan Yang Ada Terhadap Akses Layanan Keuangan Masyarakat Dengan Memanfaatkan Lembaga Keuangan Formal Atau Perbankan. Tujuan Inklusi Keuangan Yaitu Untuk M’, 2022
Marzuki, Peter Mahmud, ‘A. Pendekatan Masalah’, PERAN LEMBAGA PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN (LPSK) DALAM PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP, 43
Melayang, kasus pinjol terheboh 2023 ada yang bikin nyawa, ‘Https://Www.Cnbcindonesiadotcom’
Muhammad, Abdulkadir, and Hukum Pengangkutan Niaga, ‘Hukum Dan Penelitian Hukum, Bandung: PT’, Citra Aditya Bakti, 2004
Nurmantari, Ni Nyoman Ari Diah, and Nyoman A Martana, ‘Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi Peminjam Dalam Layanan Aplikasi Pinjaman Online’, Kertha Wicara: Journal Ilmu Hukum, 8 (2019), 1–14
Pambudi, Ryllo Saka Pambudi, ‘Strategi Pemasaran Dalam Marketplace Facebook’, Strategi Pemasaran Dalam Marketplace Facebook, 2021
Permana, Rio Bagus, ‘Perlindungan Hukum Terhadap Data Konsumen Yang Melakukan Pinjaman Melalui Aplikasi Kredit Online’ (FAKULTAS HUKUM, 2019)
Sagala, Aris Roistar, and Martono Anggusti, ‘Peran Otoritas Jasa Keuangan Dalam Penyelesaian Gagal Bayar Pinjaman Online’, NOMMENSEN JOURNAL OF BUSINESS LAW, 1 (2022), 268–88
Weydekamp, Gerry, ‘Pembatalan Perjanjian Sepihak Sebagai Suatu Perbuatan Melawan Hukum’, Lex Privatum, 1 (2013)
Published
2023-12-30
How to Cite
Linda Setianingsih, Putri Elma Wulandari, Bagus Setiyo Purnomo, Rio Aris Rianto, Ahmad Ngainul Ahyar, & Retno Sari Dewi. (2023). ALTERNATIVE LEGAL PERSPECTIVE FOR RESOLUTION OF DISPUTES REGARDING THE PHENOMENON OF ONLINE LOANS. INTERNATIONAL SEMINAR, 5, 402-416. https://doi.org/10.36563/proceeding.v5i0.146

Most read articles by the same author(s)